ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK KEPALA KELUARGA DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DI PAKIJANGAN BREBES

Iroma Maulida, Ratih Sakti Prastiwi, Liestiani Harlyn Hapsari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik kepala keluarga dengan perilaku pencegahan DBD kepala keluarga di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun 2014. Populasi dalam peneltian ini adalah kepala keluarga (KK) Desa Pakijangan dengan sampel sebanyak 98 kepala keluarga. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengambilan sampel menggunakan multistage sampling, yaitu teknik stratified proportional sampling dengan RW sebagai strata dan accidental sampling untuk pengambilan KK di tiap RW.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kepala keluarga telah melaksanakan pencegahan DBD dengan baik (51 %) dengan karakteristik kepala keluarga mayoritas berpendidikan ≤ SMP (65,7 %), berumur > 36 tahun (60,2 %), bekerja (76,5 %), dan berjenis kelamin laki-laki (73,5 %). Tetapi
hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara karakteristik kepala keluarga meliputi pendidikan (pvalue: 0,126); pekerjaan (pvalue: 0,189); umur (pvalue: 0,457) dan jenis kelamin (pvalue: 0,736) dengan perilaku dalam pencegahan DBD. Hal ini kemungkinan karena masing-masing karakteristik berhubungan dengan faktor-faktor lain dalam mempengaruhi perilaku pencegahan DBD, seperti keterpaparan kepala keluarga dengan media komunikasi, jenis pekerjaaan kepala keluarga, dan lain-lain.
Kata Kunci: karakteristik, perilaku, pencegahan, DBD


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.