ANALISIS FAKTOR-FAKTOR SELF CARE TERHADAP STATUS NUTRISI PADA PASIEN HEMODIALISA DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA

Hermawati -

Sari


Latar Belakang: Hemodialisa adalah salah satu terapi yang digunakan pada pasien dengan gagal ginjal kronik. Pasien hemodialisa sering mengalami malnutrisi Penilaian status nutrisi merupakan komponen utama dalam evaluasi dan penatalaksanaan pasien, untuk meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan angka morbiditas dan mortalitas. Salah satu pencegahannya yaitu dengan meningkatkan kemampuan self care pasien dalam mengelola diet nutrisi. Tujuan penelitian: Mendeskripsikan  tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan minimal self care terhadap status nutrisi pada pasien yang menjalani hemodialisa.

Metode Penelitian: Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling  dengan consecutive sampling. Populasi yang digunakan adalah pasien dengan penyakit gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Sampel berjumlah 60 responden dan dibagi menjadi 3 kelompok yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel independent  yang diteliti dicantumkan melalui kuesioner demografi serta menggunakan modifikasi kuesioner self care of CKD index.

Hasil penelitian: pvalue pada kelompok intervensi menunjukkan signifikan dengan makna nilai r bahwa semakin baik self care akan meningkatkan status nutrisi.

Kesimpulan: Hasil pada penelitian ini tidak menunjukkan Terdapat hubungan yang bermakna antara self care dengan status nutrisi dengan hasil yang menunjukkan bahwa semakin baik self care akan meningkatkan status nutrisi.

Kata Kunci : Status nutrisi, Self care

Teks Lengkap:

unduh full jurnal

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.